Friday, January 20, 2012

Repost: #tentangayah gue gak pernah ngerasain gimana punya ayah…

Gue kaget ngeliat Twitter gue kemaren. Pas gue buka, timeline isinya semua dengan #tentangayah. Penasaran, gue buka TrenTop lewat m.tweete.net, tempat biasa gue buat nge-tweet. Gue liat, tren top dari 1-7 atau 8 itu isinya tentang Bola semua, tapi tidak di nomor 9 apa 10, yaitu #tentangayah. Tertarik, gue klik itu trentop. Gue baca semua tentang hashtag itu, setelah gue baca, ternyata hari ini adalah Hari Ayah. Gue telat taunya. Setelah gue baca-baca, keren juga nih kalo gue update satu tweet tentang ini. Tapi…..
Gue bingung. Apa yang harus gue update?? Sedangkan gue… Gue fatherless. Yap gue udah di tinggal bokap dari sejak gue umur 7 tahun tepatnya pas kelas 2 SD Tahun 2002. Beliau meninggal karena sakit komplikasi yang di deritanya. Beliau meninggalkan nyokap gue, kakak gue, gue, dan adek gue. Dan pada saat itu, gue masih belum tau apa-apa. Yaa gue di bilang sedih yah pasti sedih lah tapi gimana yaa? Namanya juga anak kecil, mana ngerti gue ama yang beginian? Setelah tahun berganti.. Tepatnya sekarang, setelah 8 tahun gue di tinggal, gue bener-bener udah ngerti. Ngerti banget.
Terkadang gue diam-diam melihat orang-orang yang lain yang masih punya Ayah. Sepertinya enak dan bener-bener nyaman. Pernah suatu saat gue sedang di tempat kaset PS, adek gue beli kaset PS 2 nya dan gue duduk di tempat duduk yang di sediakan sambil menunggunya. Gue ngeliat ada keluarga kecil terdiri dari seorang Bapak, Ibu dan anaknya yang masih kecil, cewek. Mereka sedang membeli Nintendo buat si anak cewek itu. Gue perhatiin, gimana si anak kecil manja-manjaan ama si ayah, gimana si ayah rela ngeluarin uang yang cukup gede yang padahal itu semua gak ada artinya kalo di pirkirn matang-matang, kalo bisa di bilang sih membazir banget gitu loh, jaman sekrang duit susah di cari, ya tapi gimana lagi ya. Namanya juga orang kaya, orang yang berkecukupan, bagi mereka memanjakan anak mereka dengan cara seperti itu adadalah hal yang wajar. Dan disana gue sadar..
Gue gak tau gimana rasanya punya Ayah..
Menurut teman-teman gue, yang gue tau, punya Ayah itu ada enaknya dan ada gak enaknya juga
Ayah itu tidak secerewet Ibu. Ibu, jika kita pulang telat akan selalu merepet sana-sini. Ayah? Pernahkah Ayah kalian seperti itu? Pasti-pasti Ibu yang akan menelfon kita, bukan Ayah. Tapi gue baca dari notes teman gue, sebenarnya Ayah orang pertama yang khawatir akan kita. Tapi Ayah tidak langsung menelfon kita, malahan iya menelfon Ibu dan mananyakan kabar kita dan barulah si Ibu yang menelfon kita. Cerdas. Disini ternyata gue baru sadar renyata adalah Ayah pelaku utamanya.
Yang gak enaknya biasanya jika kita akan berpergian kemana gitu ke sutu tempat yang tidak jelas asal usulnya, maka Ayah akan melarang kita untuk berpergian. Lalu kita akan membujuk Ibu buat membujuk Ayah, tetapi Ayah akan tetap pada pendiriannya, dan tetapi tidak memberi izin. Itu adalah salah satu perlindungan dari Ayah,guys. Mana tau aja di tempat itu kita di apa-apain coba gimana? Ingatlah, Dad’s rejection sometimes can’t be Dad’s protection. Itu semua biasa di alami anak cewek, gue gak tau deh gimana anak cowok. Yang gue tau..
Ayah akan menjaga putri kecilnya sebaik mungkin
Mungkin salah kalo gue bilang, gue gak pernah ngerasain gimana punya ayah… Tapi, begitulah adanya. Gue mungkin emag sempat dapat kasih saying dari seorang Ayah selama tujuh tahun. Tapi itu waktu gue masih kecil,men. Gue mana inget gimana Ayah gue ngasih kasih sayang gue waktu dulu. Mana inget! Jauh di dalam lubuk hati gue yang paling dalem, gue pengen punya Ayah. Gue pengen.
Pengen banget.
Gue pengen ngerasain gimana di telfon ama Ayah, gimana gue di beliin sesuatu ama Ayah, gimana gue dilarang ama Ayah, gimana gue di antar sekolah ama Ayah, gimana gue diambilin rapor sekolah ama Ayah, gimana gue jalan-jalan ama Ayah, gimana gue ntar digoda kalo udah punya pacar ama Ayah, gimana gue dikasih uang jajan ama Ayah, gimana gue sarapan, makan siang, makan malem ama Ayah, dan lain-lainnya..
Tapi. Inilah jalan hidup Gue. Mau-gamau gue harus menerima jalan dari Allah swt. Gue harus ngejalanin hdup tanpa kasih sayang dari Ayah. Gue tetap bersyukur, paling tidak, gue masih punya Ibu dan gue masih di kategorikan Beruntung dari pada mereka yang memang sudah yatim piatu dari kecil. Gue tetap bersyukur akan itu. Ketika gue menyesali atau menangisi sesuatu yang telah pergi, gue kembali inget. Ini semua udah takdir dari Allah. Dan setiap kali gue merasa tejatuh dalam kesedihan, gue inget dengan salah satu kalimat di lyric lagu Let’s Not-nya Super Junior yang bunyinya adalah:
Jangan pernah menangisi sesuatu yang telah pergi
Fine. Dengan inget itu, gue kemudian bangkit. Dan gue selalu menanamkan di jiwa gue, kalau semua yang terjadi adalah semua udah takdir dari Allah. Dan gue harus menjalani nya dengan ikhlas dan sanyuman.. hadapi segala sesuatu dengan senyuman tapi jangan terlalu senyam-senyum tingkat overdosis ntar di sangkain keracunan obat senyum lagi.
And buat yang senasib ama gue, keep smile guys. Jalani dengan santai dan enjoy. Inilah hidup dan bersyukurlah dengan hidup seperti ini. Allah itu maha adil Guys. Buat Ayah yang disana, aku-anakmu- tetap medoakan mu dari sini yang terbaik untukmu. You know what? I miss you so damn. :’)
#tentangayah yang gue tau Ayah adalah orang baik.
#tentangayah yang gue tau Ayah gue gak sengaja meninggalkan kami, Ayah emang udah waktunya udah habis di dunia ini.
#tentangayah yang gue tau Ayah orang yang hebat.
#tentangayah yang gue tau gue gak tau gimana rasanya punya Ayah.
#tentangayah yang gue tau cuma ini. gue gak tau lebih lanjut.
#tentangayah terima kasih telah mau menjadi Ayah nessa.
And yes, This is Me. Who I am? Just Me.
Created on Sunday, June 20, 2010 11:48 pm

1 comment:

  1. Ayah jg ingnkan kita.qt kngen plukn sag ayah.ayah adalah sgalanya buat kita

    ReplyDelete